Senin, 10 Juni 2013

KELUHAN

Baru saja, teman satu lorong saya di asrama mengeluhkan jadwal kuliah nya yang super-padat di semester depan."Mampus praktikum semua, ada yang 4 sks pula. begadang, ga tidur dah tiap hari, mata panda, udah jadi kayak apaan aja kali ya?" Itu sekilas yang saya dengar.
..Ini belum dijalani loh, gimana kalau nanti sudah menjalani? akankah keluhan itu bertambah, atau berkurang? Do'akanlah kawan semoga option kedua-lah yang nantinya terjadi.
Saya tak memungkiri, mungkin saya juga di suatu waktu pernah berkata -keluhan- demikian, mungkin dalam kaliamat dan konteks yang berbeda, namun tetap saja dengan nada yang sama: mengeluh.
Teringat kata-kata seorang teman,
"Ada orang yang mengerjakan tugasnya dengan mengeluh, namun selesai. ada juga yang mengerjakan tanpa mengeluh, dan selesai juga. Pilih yang mana?"
sangat diakui sekali jika saya orangnya mudah tersindir, mudah tersinggung, meskipun saya tahu dengan jelas kata-kata itu tidak ditunjukkan pada saya. sisi baiknya, Insya Allah hal tersebut dapat dijadikan motivasi untuk melecut semangat saya, agar dapat membuktikan bahwa saya tak seburuk orang pertama, mengeluh iya, tapi selesai. bisa selesai kok dikasih bonus ngeluh, piye tho?
Dari situ, saya benar-benar menanamkan pada diri, karena sebenarnya dari jauh-jauh hari mama saya tercinta pun pernah bilang,
"Ngeluh ga ngeluh, toh yang harus dikerjain tetep hal yang sama."
"Ngeluh ga akan nyelesein kerjaan, nong!" 
Semenjak itu, do'a saya,
"Ya Allah, semoga hamba tidak diberi kesempatan untuk mengeluh, sedikit ataupun banyak." 
Untuk siapapun yang Allah takdirkan untuk mengingatkan, tolong ingatkan saya jika saya lupa dan keceplosan mengelurkan keluhan-keluhan itu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar